Stereo Encoder BA1404

Pemancar FM yang pernah saya buat dalam artikel ini masih mono. Dibutuhkan tambahan rangkaian Stereo Encoder agar pemancar FM dapat menyiarkan sumber suara yang stereo.


Saya menghendaki agar rangkaian Stereo Encoder tersebut dapat dibuat dalam papan sirkuit yang kecil agar bisa dimasukkan dalam box yang sama dengan pemancar FM yang ada. Selain itu juga sebisa mungkin tidak begitu rumit, dan menggunakan komponen yang sedikit.

Dari hasil Googling di Internet, saya dapatkan beberapa skema Stereo Encoder (atau cukup disebut Encoder saja) sederhana yang menggunakan IC BA1404. Chips ini sendiri sebenarnya single chips FM micro transmitter. Dibuat oleh ROHM untuk pasar wireless mic. ROHM sendiri sudah tidak lagi memproduksi BA1404, sehingga chips ini sekarang cukup susah diperolehnya di toko elektronika -terutama di kota-kota kecil.
Saya mengkombinasikan beberapa skema BA1404 yang saya temukan di Internet agar mendapatkan hasil terbaik, meskipun hanya memanfaatkan fumgsi Encodernya saja.

Menurut datasheetnya BA1404 membutuhkan catu daya yang cukup kecil, berkisar antara 1.5 sampai 3 volt. Lebih dari itu chips ini akan terbakar. Agar modul encoder ini nantinya dapat menggunakan satu sumber daya dengan pemancar sebesar 12 volt, maka ditambahkan semacam regulator 3 volt yang terdiri dari transistor BC549 dan 3 buah dioda IN4148. Dari kaki emitor menghasilkan keluaran voltase sekitar 2.7 volt yang cukup aman untuk mencatu BA1404.

Titik MPX Out pada diagram diatas merupakan keluaran sinyal stereo -yang dihubungkan pada titik input audio pada pemancar.

Encoder ini saya rakit pada papan berlubang berukuran kecil, dan langsung menyatu dengan socket RCA stereo, sebagaimana tampak pada gambar berikut ini.

Stereo Encoder seukuran telapak tangan
Awalnya encoder ini saya masukkan ke dalam boks yang sama dengan pemancar FM mini dari project sebelumnya. Namun karena terlalu dekat dengan papan sirkuit pemancarnya, timbul noise yang cukup mengganggu. Sehingga akhirnya saya putuskan memisahkan encodernya ke dalam box alumnium tersendiri.


Hasil percobaan encoder dengan BA1404 ini cukup memuaskan. Setidaknya untuk kelas siaran radio komunitas atau untuk brik-brik an. Berdasarkan datasheetnya pemisahan antara kanal kiri dan kanan bisa mencapai 45 dB.

Dalam percobaan encoder ini saya mencatat beberapa hal sbb.:
  • Encoder ini membutuhkan penyekatan/ shielding yang cukup. Chips BA1404 cukup sensitif/ rawan terhadap noise.
  • Input sinyal audio tidak bisa terlalu besar. Levelnya hanya sekitar 1 Vpp, atau kira-kira level output audio dari soundcard, walkman, atau MP3 player. Lebih dari level tersebut suaranya akan pecah dan/ atau sinyal stereonya hilang.
  • Kabel-kabel hendaknya sependek mungkin, termasuk panjang kabel sinyal MPX yang akan diumpankan pada pemancarnya. Berdasarkan pengalaman, jika kabel sinyal MPX ini terlalu panjang sinyal stereonya menjadi hilang.
  • Stereo encoder berbasis BA1404 ini relatif sederhana, sangat cocok bagi pemula yang ingin merakit sendiri encodernya.
---oOo---
Catatan tambahan:
Saya masih punya sisa stok beberapa IC BA1404 satu set dengan kristal 38 KHz nya. Jika berminat coba SMS saya untuk menanyakan ketersediaan dan harga per set-nya.
(14 Juli 2012) Sisa stok. Sebelah kiri sudah di pack siap kirim ke Sum-Sel

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih komen nya mas rian.

      Hapus
  2. Semoga sukses blognya dilihat banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. amin yra... makasih mas Agus :)

      Hapus
  3. stok ba 1404 n kristal masih ad gk gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat komen ini saya tulis BA1404 nya habis, kristal msh banyak.
      Setiap saat status nya bs berubah (kl saya dpt lg dari sumber2).. utk lebih realtime, silakan kontak saya via SMS.

      Hapus
  4. Kristalnya masih g gan? neg masih ni no saya 08562508092

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat pesan ini saya tulis, msh tersisa 10 unit

      Hapus
    2. xtal 10 unit telah dikirim via JNE dgn resi: SRGAF00105426114
      makasih ya gan

      Hapus
    3. masih ada gak gan ic nya

      Hapus
    4. masih ada gak gan ic nya

      Hapus
    5. Saat ini sdg kosong gan

      Hapus
  5. Bisa minta daftar komponen nya? Mau blajar saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai2 komponen sdh tercantum dlm skema diatas.

      Hapus