Mengoprek Radio National R-4250Y (bagian 2)

Posting ini merupakan catatan lanjutan dari aktivitas mengoprek Radio National R-4250Y sebelumnya, yang bisa dilihat pada posting blog: http://3lektronika.blogspot.com/2012/10/memasang-s-meter-pada-radio-national-r.html



KLIP BATERE KECIL

Sebagaimana tertulis pada posting blog tersebut, akibat dari penambahan VU-meter di dalam body radio ini menyebabkan radio menjadi tidak portabel lagi. Radio menjadi bergantung pada eksternal adaptor untuk bisa hidup. Sementara saya sering memerlukan radio ini di ruang lain yang mana belum tentu terdapat colokan listrik untuk adaptor.

Solusi saya dapatkan secara tidak sengaja ketika menemukan klip batere/ wadah batere 3 volt untuk batere ukuran kecil (ukuran AA), di suatu toko komponen. Radio R-4250Y aslinya menggunakan 2 batere ukuran besar, namun setelah dipasang VU-meter wadah batere menjadi tidak muat lagi untuk batere jenis ini. Namun dengan yang ukuran kecil ruang batere masih cukup untuk disesaki dengan VU-meter dan batere-batere tersebut. Tanpa pikir panjang lagi saya langsung keluarkan Rp.1.500,- untuk klip 2 batere ukuran kecil tersebut.

Dan jadi lah R-4250Y yang bisa menggunakan eksternal adaptor, maupun 2 batere ukuran AA seperti pada foto berikut ini. Agar kokoh klip batere ditempelkan pada dinding kompartemen batere radio dengan super glue.

Klip batere kecil dengan rangkaian S-Meter berbagi tempat.
 SOKET ANTENA EKSTERNAL

Jack dan kabel Coaxial dari antena luar
Di bumbungan atap rumah, saya membentangkan bekas kabel telepon sebagai antena penerima, yang kemudian ditarik kebawah menggunakan kabel coaxial -bekas antena TV yang telah menjadi satu dengan jack nya. Oleh sebab itu saya memasang soket antena 75 ohm yang sesuai, seperti tampak pada gambar berikut. Tentu saja Anda bisa menggunakan soket jenis lain disesuaikan dengan jenis jack antena yang Anda pergunakan.



Penempatan soket antena eksternal

















Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi.

---oOo---

4 komentar:

  1. bang mau tanya nih rangkaian audio amplifiernya yang mana sih mohon bantuannya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian audio amplifier radio ini standar desain radio superheterodyne, yakni terletak setelah potensio pengatur volume. Jadi jika hendak menggunakan audio amplifier tersebut, bisa dengan menyuntikkan sinyal audio di kaki tengah potensio (potensio tdk digunakan) atau di salah satu kaki pinggir potensio yg bukan terhubung ke ground (potensio digunakan utk mengatur volume).

      Lain kali kalau meninggalkan komentar harap sebutkan identitas mas Unknown.

      Hapus