Membuat Selongsong Batere

Beberapa kali saya mendapatkan radio transistor kayu seri RL dari National maupun radio-radio kayu jadul lainnya -yang menggunakan 4 baterai- dalam keadaan selongsong baterai nya yang telah hilang.

Selongsong baterai ini berguna untuk "menyatukan" 4 batu baterai agar tidak melejit ketika dipasang pada wadah terminal baterai.

Keberadaannya pada -radio jadul jenis tertentu- penting tidak penting. Dalam arti; jika tak ada radio masih tetap bisa berfungsi, namun bila tak ada penempatan baterai jadi agak sulit.

Karena "komponen" ini sifatnya terlepas/ tidak terikat dengan radio, maka benda yang terbuat dari plastik tersebut sering hilang. Terutama jika pemilik radio tersebut orangnya agak sembrono dengan barang miliknya.


Selongsong baterai tidak dijual di toko elektronik manapun. Namun demikian karena fungsinya yang sederhana, kita dapat membuat sendiri sebagaimana yang saya tulis berikut ini.



1. Beli mika transparansi yang biasa digunakan untuk OHP. Dapat dibeli pada kios fotocopy, dengan harga berkisar antara Rp.1.500,- hingga Rp 2.000,- 
Satu lembar mika ini cukup pas ukurannya untuk membuat selongsong 4 baterai tanpa perlu memotongnya.
2. Gunakan dua atau tiga biji batu baterai ukuran D-size/ UM-1 sebagai inti gulungan.
Arah gulungan searah dengan panjang dari lembaran mika. Usahakan menggulung secara rapat dan rapi. 
3. Letakkan pita perekat ganda/ double tape pada posisi gulungan pertama.
Lanjutkan menggulung.
4. (Option) Setelah kira-kira mencapai gulungan kedua ada baiknya isi dengan olesan lem Alteco melintang arah gulungan.
Hal ini bisa dilakukan namun juga bisa tidak. 
5. Akhiri gulungan dengan double tape lagi.
Agar ujung-ujung lembar mika tidak mudah mengelupas, saya menggunting ujung siku nya hingga berbentuk tumpul/ lengkungan.
6. (Option) Selesai menggulung, kita dapat memberikan tetesan lem Alteco pada tepian gulungan mika, agar memastikan gulungannya rapat.
7. Selongsong baterai siap digunakan.
8. in Action ^_^
Catatan:
Dari pengalaman mencoba beberapa merk baterai, saya temukan meskipun sama-sama berukuran D-Size/ UM-1, ternyata diameter baterai antar merk berbeda tidak persis sama.
Untuk membuat selongsong baterai, pilihlah diameter baterai yang paling besar agar selongsong yang telah dibuat cukup untuk digunakan dengan beberapa merk baterai.
Tanpa bermaksud promosi, dari contoh gambar disebelah ini saya menyarankan menggunakan merk ABC karena diameter nya yang sedikit lebih besar dari yg satu nya.

---oOo---

Semoga dapat menjadi inspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar