Meningkatkan Jarak Pancar MP3 FM Modulator

Jarak jangkauan standar MP3 FM Modulator mobil umumnya berkisar antara 1 hingga 2 meter saja, sesuai dengan tujuan penggunaan alat ini yakni untuk dipasang pada soket lighter di mobil yang letaknya berdekatan dengan perangkat audio/ radio mobil.

Untuk meningkatkan jarak jangkauan pancaran alat ini bisa dilakukan dengan 2 pendekatan yakni:
1. Cukup dengan membubuhkan antena tambahan berupa seutas kabel kecil
2. Dengan menambahkan booster/ penguat

Dalam eksperimen berikut ini saya akan coba cara pertama -yang lebih sederhana dan murah, namun hasilnya cukup untuk keperluan praktis saya pribadi.


Jenis MP3 FM Modulator yg Digunakan

Saya menggunakan MP3 FM Modulator di rumah (bukan di mobil, soalnya belum punya ^_^ ), untuk memutar lagu-lagu yang disimpan dalam flashdisk dan diperdengarkan melalui sebuah radio penerima FM. Cara ini sebenarnya tidak praktis dibanding menggunakan modul MP3 Player langsung yang kini mulai banyak dijual. Saya memilih cara tersebut di rumah karena alasan memanfaatkan apa yang ada saja, tanpa perlu membeli pemutar MP3 lagi.



Diantara jenis-jenis MP3 FM Modulator yang ada, saya menyukai jenis yang bentuknya menyerupai helikopter atau bentuk bulat telur. Menurut pengamatan saya jenis yang ini memiliki beberapa keunggulan yaitu:

1. Dapat membaca USB Flashdisk maupun SD-Card.
2. Pembacaan file MP3 nya lebih cepat dibanding FM Modulator sekelasnya. Hal ini sangat berarti bila kita sering berganti-ganti di antara file MP3 yang ada dengan menekan tombol previous (<<) maupun next (>>).
3. Mempunyai soket audio input, yang berguna bila sewaktu-waktu hendak memperdengarkan (baca: menyiarkan) sumber suara analog; seperti output dari walkman -misalnya.
4. Dapat menyimpan settingan frekwensi yang terakhir digunakan, serta pointer pada file lagu MP3 yang terakhir dimainkan; ketika alat ini dimatikan. Sehingga bila kelak Modulator dihidupkan, kita tak perlu mengatur ulang setting frekwensi pilihan, dan Modulator juga langsung memutar file lagu yang terakhir dimainkan.
5. Mempunyai 5 pilihan setting equalizer, yang bisa di set menggunakan remote bawaannya.
6. Jika casing-nya dibuka, pin sambungan antena-nya mudah ditemukan. Hal ini merupakan point penting untuk jalannya percobaan kali ini.
7. Harga relatif paling murah diantara beberapa jenis Modulator lainnya.


Langkah-langkah Pelaksanaan

1. Buka casing Modulator dengan melepas 3 sekrup kecil yang terdapat di bagian belakang casing.



2. Temukan pin Antena pada deretan solderan kabel di bagian atas PCB Modulator. Dalam gambar berikut ini pin tersebut berada pada urutan paling kanan, yang sudah ditandai tulisan "ANT" dari pabriknya.



3. Solder seutas kabel kecil pada pin tersebut. Panjang kabel tersebut secukupnya saja. Sebagai acuan bisa diambil nilai seperempat lamda dari kisaran frekwensi broadcast, atau sekitar 70 cm untuk mudahnya. Jangan lupa buat simpul pada kabel kecil tersebut untuk menahan tarikan dari luar.



4. Buat lubang kecil pada casing Modulator dimana kabel antena tersebut akan mencuat keluar. Saya melelehkan sedikit pinggiran casing yang berwarna hitam dengan solder untuk membuat lubang kecil tersebut.



5. Casing ditutup kembali, dan sekrup-sekrup dikencangkan. Modulator siap dicoba untuk dilihat perubahan kinerja nya.

 


Hasil pengujian di dalam rumah, modifikasi sederhana yang dilakukan tersebut membuat jangkauan meningkat menjadi sekitar 10 meter sinyal kuat, dan 11 hingga 12 meter sinyal mulai timbul-tenggelam.

Video pengujian yang saya lakukan bisa dilihat pada tayangan berikut ini:



---oOo---

Selamat mencoba !

17 komentar:

  1. Apakah semakin panjang kabelnya jangkauannya akan semakin jauh gan....

    BalasHapus
  2. Tidak gan. Justru bisa memperpendek jangkauan, karena "merusak" pola propagasi.

    BalasHapus
  3. mas saya mau nanya modulator fm yg saya beli cuman 1C aja itu pun ic tanam gimana ya mas cari input nya mohon bantuan nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara cari input audio nya pd pin ke berapa, yg pertama perhatikan jenis IC nya dgn membaca tulisan pd body IC tsb. Jika tulisannya diamplas, atau ICnya jenis tanam/ di cor sejenis ter, ya wasalam.

      Langkah kedua (setelah jenis IC dikenali), gunakan Google utk mencari datasheet dari IC tersebut. Dlm datasheet itu pasti ada informasi yg dibutuhkan.

      Hapus
  4. yg pake booster c930 mana mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sempat saya tulis. Stay tune ya mas..

      Hapus
  5. Mantap Mas Widyo " Semoga ber manfaat "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir di blog sederhana ini mas..

      Hapus
  6. Gan itu ngambil powernya gimana? Kan pake korek api mobil bentuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kutub negatif baterai 9v/ adaptor dihubungkan dgn pin pegas yg berada di tepi, kutub positif pada pin ekor dari bagian yg masuk ke colokan lighter mobil. Silakan lihat video nya agar lebih jelas.

      Hapus
  7. Modulator saya hidup normal mas...tp nda bs mengeluarkan sinyal fm nya.. Kira2 bs d betulkan nda ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak kurang paham dgn istilah "hidup normal, tp tdk bs bekerja". Bagaimana mungkin tdk bekerja secara normal (dlm hal ini tdk mengeluarkan sinyal FM) dikatakan sbg "hidup normal"?

      BTW jika yg dimaksud adalah "hidup namun tdk normal", utk gadget FM modulator saya sarankan beli baru/ ganti baru saja. Anda lebih untung dari segi waktu dan biaya dgn mengganti nya.

      Hapus
  8. Bila di modulator tidak ada pin ANT nya gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuat modulator biasanya menggunakan kabel-kabel yg panjang sbg "antena". Kabel2 tersebut bisa salah satu dari kabel plus power supply, kabel minus, atau kabel audio -untuk jenis modulator yg inputnya berasal dari audio/ bukan MP3 player.

      Dgn berbekal pengetahuan ini Anda bisa mencoba2 menempelkan seutas kabel (sbg antena tambahan) pada titik2 sambungan yg tadi saya maksud, kemudian Anda perhatikan adakah perubahan jarak jangkauan siarannya. Pd titik dimana menghasilkan jarak jangkau yg paling jauh, disitulah titik antena out nya.

      Lho.. apa itu tidak beresiko korsleting -terutama jika titik yg terkait merupakan salah satu kutub power supply? Untuk menghindari kemungkinan tersebut, setelah titik sambungan yg tepat ditemukan- Anda bisa meng-kopel dulu sebuah kapasitor kecil (5 atau 10 pF saja) sebelum menghubungkan dgn antena luar atau rangkaian driver/ booster tahap berikutnya.

      Hapus
  9. Apa ini yg dulu terkenal dengan sebutan breaker FM oom?
    Klo seperti ini, gimana cara sang breaker gantian bicara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda sedikit mas.
      Breaker FM biasanya bermain di frekwensi antara 70-85 MHz, sedangkan gadget yg saya bahas dlm blog ini bekerja pd frekwensi broadcasting, yakni antara 88-108 MHz.

      Hapus