Restorasi Radio National Intelics RL-4263

Ketika radio ini saya dapatkan, kondisi body masih cukup baik meski kulit terluar kayu lapis disisi kiri dan kanan terkelupas. Marking kenop-kenop pada panel depan masih baik, belum ada yang luntur/ buram. Secara keseluruhan kondisi radio tidak begitu dekil sebagaimana biasanya keadaan radio-radio transistor jadul lain ketika saya dapatkan.





RESTORASI KOSMETIK



Karena tidak begitu dekil maka "general cleaning" yang saya lakukan tidaklah terlalu besar. Panel depan tidak saya buka. Hanya speaker saja yang saya lepas untuk membuang gumpalan debu yang terkumpul disana.


Pun demikian semua kenop dilepas dan direndam dalam cairan deterjen.

Sementara bagian dalam radio cukup dibersihkan dengan kuas dan kompresor udara.



Umumnya kayu lapis pada radio-radio tua mengalami perekahan/ merekah. Penyebabnya bisa karena faktor usia, akibat benturan, maupun kelembaban tempat dimana radio lama berada.

Perekahan ini menyebabkan lapisan kayu terkelupas serta rapuhnya sambungan antara kepingan kayu.

Untuk me-restorasi nya, bisa dilakukan pengisian rongga serat kayu dengan "lem korea"/ Alteco, dan kemudian setelah kering dihaluskan dengan ampelas.

Penggosokan ampelas pada pinggiran kayu lapis -selain bertujuan menghaluskan permukaan serat kayu, juga untuk membentuk profil bevel (melengkung) yang relatif tidak mudah terkelupas dibanding jika profilnya berbentuk siku.






Sisa-sisa sticker yang menempel pada body dihilangkan menggunakan cairan alkohol yang digosok dengan kapas pembersih wajah.


Pegangan radio ini terbuat dari alumnium dengan tekstur garis-garis yang menyerupai serat. Tekstur seperti ini menyebabkan terkumpulnyan kotoran, baik debu maupun endapan keringat dari tangan. Untuk membersihkannya cukup menggunakan alkohol dan kapas. Bila terdapat kotoran telah mengeras, membersihkannya dengan diteteskan alkohol sambil kemudian digoreskan ujung pisau cutter secara perlahan.

Handle penuh kotoran debu & keringat
Tekstur sisi kiri masih kotor & sisi kanan yg sudah bersih

RESTORASI TEKNIS


Kondisi mesin radio masih bekerja dengan baik ketika saya peroleh. Hanya saja kabel DC port/ kabel pada colokan eksternal adaptor sudah tak ada. Port nya masih ada, dan setelah di tes dengan multimeter masih bisa berfungsi dengan baik. Saya hanya perlu menambahkan kabel-kabelnya saja.


DC port standar terdiri atas 3 kaki/ pin.

Yaitu:

-pin A; pin dimana listrik masuk dari kutub positif baterai

-pin B; pin yang terhubung dengan bagian plus pada PCB/ mesin radio

-pin C; pin yang terhubung dengan bagian minus dari PCB


Ketika jack DC tidak dicolokkan, pin A terhubung langsung ke pin B. Sehingga listrik yang masuk diambil dari baterai. Dan ketika jack DC terpasang, pin A terputus dengan pin B. Sehingga listrik tidak lagi berasal dari baterai melainkan dari sisi "outter" jack DC/ eksternal adaptor.





Kaidah inner dan outer yang dianut radio-radio jadul buatan National berkebalikan dengan yang dianut kebanyakan peralatan elektronika masa kini. 

Radio national menggunakan sisi outter/ skin /sisi luar port DC untuk kutub positif. Dan sisi inner/ core/ sisi dalam port DC digunakan untuk kutub negatif.





Setelah kabel-kabel dipasang pada pin yang sesuai, maka radio pun kembali dapat bekerja dengan catu daya dari adaptor eksternal.


Radio pun siap dipajang di tokobagus.com :)



---oOo---


Catatan:

Postingan ini seharus nya mendahului kronologis dari postingan berikut ini:

http://3lektronika.blogspot.com/2013/03/jual-radio-national-intelics-rl-4263.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar