Menguji 3 FM Modulator Mobil

Dikalangan perakit pemancar FM amatir untuk keperluan radio komunitas tidak jarang memanfaatkan FM Modulator/ MP3 Player mobile sebagai oscillator-nya. Pemanfaatan alat ini sebagai oscillator mempunyai keuntungan:
1. Berbiaya relatif murah
2. Frekwensi stabil, karena sudah menggunakan PLL
3. Sudah built-in stereo encoder, sehingga output sinyal sudah berupa sinyal stereo



Tips Pertama Memilih FM Modulator untuk dijadikan Oscillator Pemancar FM
Pilihlah FM Modulator Mobil yang menyediakan soket input audio pada sisi body nya. Biasanya soket audio ini menggunakan standar ukuran 3.5 mm.

Walau demikian kelemahan utama dari penggunaan FM Modulator mobil seperti ini terutama pada kwalitas suara yang dimodulasi tidak bisa menyamai tingkat kekerasan pemancar radio komersial. Hal ini wajar mengingat level input audio yang dirancang pada alat ini adalah untuk tingkat sumber suara dari iPod/ Walkman/ PC Sound Card, yaitu berkisar sekitar 1 Vpp. Jika input audio dibesarkan melebihi batasan tersebut, maka hasil suara nya akan pecah, atau kerap disebut krepek-krepek :) Dalam istilah teknisnya disebut Over Modulate/ Distortion. Meskipun hal ini dapat disiasati dengan menggunakan audio compressor sebelum sinyal audio masuk pada alat ini.

Efek "krepek-krepek" tidak terjadi jika kita hanya menyiarkan musik yang berasal dari file-file MP3 baik yang disimpan pada USB Flashdisk maupun SD Card.

Disamping masalah batasan level modulasi, seringkali perakit pemancar yang menggunakan FM Modulator ini kecewa setelah membeli nya lantaran begitu dicoba alat ini tidak bisa menyimpan frekwensi terakhir yg dipilih. Setiapkali power dimatikan alat ini akan kembali pada setting frekwensi awal -yang biasanya pada frekwensi 87.5 MHz. Kalau kebetulan frekwensi pemancar yang dipilih adalah angka tersebut tentu tidak jadi masalah. Namun bila menggunakan frekwensi lain, tentunya jadi merepotkan karena harus men-set ulang frekwensi tiapkali pesawat dihidupkan.

 Pada video berikut ini saya coba menguji 3 FM Modulator mobil yang saya miliki


 
Tips Kedua Memilih FM Modulator
- Bawalah sebuah batere kotak 9V dan sepasang kabel plus-minus lengkap dengan capit buaya diujung-ujung nya 

- Pada saat hendak membeli, mintalah pada penjual kesempatan untuk melakukan pengujian seperti yang saya lakukan dalam video diatas


---oOo---

24 komentar:

  1. pak saya anak smk yang kerumah bapak saya mau nanya,yang jual modulator di salatiga di mana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari di toko2 komputer spt MJT, atau kios2 komputer di sekitar Jl. Kemiri / dekat kampus UKSW.

      Hapus
    2. yang kuning telur harga brapa pak??

      Hapus
    3. Sekitar 35 - 50rb lah kira2, saya udah lama beli nya .

      Hapus
  2. harganya berapa pak yang warna kuning bentuk telur??

    BalasHapus
  3. pak kalau fm modulator digunakan sebagai osc pemancar fm. bagaimana cara memasang input mic untuk siaran ? trims infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Input mic dimasukkan pd jack input audio yg ada pd sisi modulator. Tapi sebelumnya sinyal dari mik perlu diperkuat dulu dgn pre-amp mik.

      Hapus
  4. kalau dikasih rangkaian penguat sinyal pada antena mp3 modulatornya bisa mnjd jrak jauh ga pak frekuensinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya dgn memberikan seutas kabel sbg antena saja jarak jangkauannya bisa berlipat kali, apalagi jika ditambahkan penguat/ booster (dengan catatan konfigurasi rangkaiannya benar).

      Hapus
  5. punya saya kok noise nya gede pak ya saat di hubungkan ke boster? apanya ya pak? dan cara menghilangkan sinyal osilasi parasit gimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tanpa booster tdk ada noise, dan setelah menggunakan booster menjadi ada noise jelas masalahnya ada di booster.

      Masalah kedua; apakah yg Anda maksud Osilasi parasit atau Frekwensi Harmonik? Frekwensi harmonik secara alami selalu ada di kelipatan frekwensi yg dipilih. Yg bisa dilakukan adalah memperkecilnya/ meminimalisasi, yakni dgn menggunakan Low Pass Filter.

      Hapus
  6. cara pasang boster ke modul gimna pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Booster menerima sinyal input dari output Antena FM modulator.

      Hapus
  7. Pak, ada suara denging sekalipun mesin mati, kalau mesin idup denging makin kuat . Gimana ngilangin dengin nya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham mesin apa yg Anda maksud dan bagaimana hubungannya dgn artikel saya ini.

      Hapus
  8. Masukkan komentar Anda...numpqng nanya gan saya kemarin beli fm modulator saya bingung nyari ant pada modulator untuk saya naikkan ke boster,awalnya saya lihat du google cara membuat osc dgn mdltor di situ pcc nya pke kabel dan ada lima kabel ,lha stlah saya beli trus q bongkar trnyata pake pcc tanam trus trnyata jalur yng ke pcc cuma 4 jalur ,dan yng sya tanyakan dimana titik letak ant modulator modl baru yang seperti q beli,sblmnya trm ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan senada sdh pernah saya jawab pd diskusi dlm posting berikut https://3lektronika.blogspot.com/2015/09/meningkatkan-jarak-pancar-mp3-fm.html

      Hapus
  9. Kalo cuma buat MP3 dari flashdisk apa harus setel frekuensi jg pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. sebab alat ini tdk mengeluarkan suara, namun memancarkan gelombang radio (pd frekwensi tertentu yg bs disetel) utk kemudian diterima dan diperdengarkan pd pesawat penerima radio fm biasa.

      Hapus
  10. saya pernah beli tetapi ketika dicolok mengeluarkan denging itu bagaimana pak? musiknya isa tapi campur dengan suara denging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gunakan batere kotak 9v. Jika denging itu msh ada berarti ada cacat dlm produk modulattor tsb -sesuatu hal yg tdk aneh dlm produksi massal tiongkok.

      Hapus
  11. Ketika perjalanan keluar kota modulator sering seakan2 hilang sinyal & tiba2 replay lagu yang sedang berjalan.
    Masalah nya apa ya mas?
    Apakah krn bertabrakan dengan frekuensi radio lain, atau modulator ny yg bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spt nya masalah pd modulator dan/ atau sistem kelistrikkan dari port lighter di kendaraan Anda.

      Hapus