Me-rekondisi TELESONIC NT-903



Awal di dapatkan kondisi radio ini cukup parah. Mesin berkarat, antena dan tutup belakang tak ada.
Namun body radio masih cukup baik, grill speaker masih utuh tak ada yang putus. Kenop-kenop juga lengkap. Termasuk speaker khas Telesonic jadul juga masih utuh.
Kemudian timbul pikiran untuk me-rekondisi radio ini agar kembali bisa bekerja menerima gelombang MW dan SW sebagaimana aslinya – dengan mencangkok mesin radio jadul lain ke dalam nya.
Langkah pertama mesin serta speaker dilepas keluar, body plastik radio di rendam dalam air deterjen hingga bersih.

Untuk mesin pengganti dipilih dari radio 2 band jadul juga  yakni National R-4270Y.
 
 Agar mesin radio National tersebut dapat dipasang tepat di dalam body Telesonic NT-903, diperlukan penyesuaian dengan menambahkan sebentuk bidang yang dibuat dari PCB polos.
 Bidang tambahan tersebut kemudian di lem pada PCB mesin yang baru dengan menggunakan super glue. Kemudian dibuat lubang-lubang yang sesuai dengan lokasi pasak sekrup pada body NT-903
Beberapa bagian antarmuka dengan pengguna harus diubah menyesuaikan antarmuka pada NT-903. Seperti pegatur volume yang pada PCB menggunakan potensiometer putar diganti dengan potensio geser. Juga saklar pemilih band MW-SW, yang pada PCB menggunakan saklar geser, diganti dengan rotary switch bawaan dari Telesonic nya.

Karena mesin R-4270Y tidak mempunyai fitur bass-trebel, maka akan ada satu kenop geser yang menganggur. Agar lebih bermanfaat maka kenop tersebut digunakan untuk pengaturan terang-redup lampu LED tambahan.
Terlihat pada gambar hasil dari penempatan mesin R-4270Y pada body NT-903.
Untuk tutup belakang dibuatkan dari tripleks yang dihaluskan dengan ampelas dan di beri plitur agar lebih awet.
Hasil akhir rekondisi. Secara awam tidak beda dengan kondisi aslinya.
 Tambahan LED yang memberi efek lampu mata kucing seperti radio-radio jadul pada umumnya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar